Sejarah Bis Kota PT. Mayasari Bakti

bis PT. Mayasari Bakti Patas 9B Bekasi - Kp.Rambutan(PP) dengan chasis Mercedes-Benz OH-1518 King 

Didirikan tahun 1954 oleh seorang tukang kain keliling asal Tasik Malaya yaitu Alm. H. Engkud Mahpud (1932 - 2010) dan trayek pertamanya Mayasari Bakti Melayani trayek Cililitan - Tanjung Priok.pp PT ini berkembang ketika pada tahun 1970, Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin memberikan bantuan kredit pengadaan bus kota di DKI Jakarta kepada beberapa operator buskota.
Ketika pada tahun 1982 beberapa Operator Bis Kota terpaksa 'dilebur' kedalam 1 induk perusahaan Bis milik pemerinta yaitu Perum P.P.D, namun Mayasari Bakti tetap bertahan sebagai Operator Swasta. Dan bertahan hingga sekarang ini, meskipun beberapa rute nya terpaksa dihapus karena bersinggungan dengan TransJakarta.
Bus Mayasari Bakti didominasi oleh sasis dan mesin bus asal Jepang yaitu Hino. Tetapi untuk beberapa tipe bus lama, Mayasari Bakti menggunakan sasis dan mesin Mercedes-Benz. Beberapa tahun belakangan ini, Mayasari Bakti mengadakan pembenahan untuk moda transportasi mereka, mesin dan sasis masih menggunakan yang lama, tetapi di dress up sebagai bus baru.
Type Chasis beserta kode di Body-nya :
HINO AK (Mesin depan) Type mesin depan (front engine). Dipergunakan untuk model bus lama dan baru. Digunakan untuk armada reguler
▪ tipe sasis yang digunakan: longwheel base - H-xxx untuk chasis HINO AK172 untuk sasis lama, - PH-xxx untuk chasis HINO AK174 - L -xxx untuk chasis HINO AK3HR LA (PHL) - B-xxx untuk Hino AK8
HINO RK (mesin belakang) : Type mesin belakang(rear engine). Dipergunakan untuk model bus lama dan baru, dan biasanya dipergunakan untuk Bus AC, namun ada juga beberapa bus Patas non AC yang menggunakan nya. Nomor lambungnya - RK-xxx untuk armada berchasis HINO RK-2HM (RK Kompor) dan RK-174, dan - T-xxx untuk armada berchasis HINO RK2HR+Turbo (RK-T) - B-XXXX untuk armada berchasis HINO RK1J Matic (APTB)
Mercedes-Benz OF1113 (mesin depan) : Bus front engine. Dipergunakan untuk model bus lama, ciri khasnya adalah bus ini termasuk kepada Short Wheelbase, dan dipergunakan untuk bus Non AC. Kode atau nomor lambung nya adalah : - C-xxx untuk OF1113 10stud, namun ada juga beberapa yang memiliki kode K-xxx untuk Mercedes-Benz OF1113 angkatam pertama dengan ciri khas 8 baud roda
Mercedes-Benz OH series (Mesin Belakang) : Bus rear engine. Dipergunakan untuk model bus lama, ciri khasnya adalah bus ini termasuk kepada Long Wheelbase, bahkan untuk bus tertentu sasis Mercedes-Benz OH terlihat lebih panjang dari Hino RK.Kode atau nomor lambung nya adalah OH-xxx. Armada yang digunakan adalah Mercedez-Benz Prima OH 1113 dan ada jg 1 unit yg menggunakan Mercedes-Benz OH1518 King
Saat ini juga Mayasari Bakti juga mengembangkan perusahaannya Bisnya ke Divisi Busway TransJakarta yang saat iniasih di dominasi oleh chasis Bis dari Swedia yaitu SCANIA type SCANIA K320iA Articulated gandeng, SCANIA K310 Tronton, & juga Mercedes-Benz OH1526/1626 dengan balutan body dari karoseri asal Ungaran (Semarang, Jawa Tengah) yaitu Karoseri LAKSANA, untuk penomeran unit armada Mayasari Bakti divisi Busway TransJakarta sendiri yaitu dengan kode MB-16XX & MYS-17XX
Karoseri
Secara umum, Mayasari Bakti menggunakan karoseri Mayasari Utama carroseries, selebihnya mereka menggunakan karoseri Laksana dan juga karoseri Rahayu Santosa. Yang terkenal di antara ketiga karoseri tersebut adalah Laksana Nucleus 3 & Discovery, CItyline 2, dan juga Rahayu Santosa Evo X dan Evo C
Dipo (Pul) Bis PT Mayasari Bakti Depo A (Klender) : - MAYASARI BAKTI Divisi Busway TransJakarta (MB)
Depo B (Cijantung) sekaligus kantor pusat PT Mayasari Bakti : - AC02 : Kp. Rambutan - X.Deres.pp - AC07 : Kp.Rambutan - Tj.Priok.pp (stop operasi)
- AC42 : Kp.Rambutan - Tj.Priok.pp (Stop operasi & nomer trayeknya dialihkan ke rute Cileungsi - Tj.Priok.pp)
- AC42 : Cileungsi - Tj. Priok.pp
- AC42A : Cileungsi - Kalideres.pp - AC49 : Blok M - Tj.Priok.pp (Stop Operasi) - AC 52A : Jati Asih - Tn.Abang.pp (pindah ke Depo C Cibitung) - AC70 : Kp. Rambutan - Tn. Abang.pp - AC70A : Cileungsi - Tn. Abang.pp - AC73 : Kp. Rambutan - Ciledug.pp (Pindah ke Depo C Cibitung) - AC74 : Kp. Rambutan Poris via. Ps. Rebo - UKI - Kb. Jeruk - Islamic - Karawaci - Cikokol.pp (Stop Operasi) - AC74A : Kp. Rambutan - Poris via. Ps.Rebo - Veteran - BSD - Islamic - Karawaci - Cikokol.pp (Pindah ke Depo C Cibitung) - AC117 : P. Gadung - Poris.pp (Pindah ke Depo Cibitung) - AC135 : Ciputat - Tanjung Priok.pp (stop operasi) - APTB 05 : Cibinong - Grogol.pp - APTB 10 : Cileungsi - Blok M.pp - Maya Raya : Cileungsi - Kalideres.pp (Stop operasi) - P17 : Kp. Rambutan - Kota.pp (Stop Operasi) - P17A : Kp. Rambutan - Senen.pp - P55 : Kp. Rambutan - UKI - Grogol.pp (Stop operasi) - P9B : Kp.Rambutan - Bekasi.pp - P9BT : Kp. Rambutan - Bekasi.pp
- Mayasari Bakti Divisi Busway TransJakarta (MYS)
Armada Pindahan dari Depo Cikupa : - AC33 : Tangerang - Stasiun Jakarta Kota.pp (Stop Operasi). - AC34 : Tangerang (Poris) - Blok M.pp - AC62 : Tangerang (Cimone) - Senen.pp (Stop Operasi). - AC116 : Tangerang (Cikokol) - Senen.pp (Stop Operasi). - APTB 13 : Tangerang (Poris) - Pulogadung.pp (Stop Operasi).
Armada Pindahan dari Depo A Klender : - P7 : P.Gadung - Grogol (Stop operasi) - P98A : Kp.Rambutan - Pulogadung.pp - P14 : Tj.Priok - Tn.Abang.pp - R51 : P. Gadung - Tj. Priok.pp (Stop operasi) - R57 : P. Gadung - Blok M.pp - R507 : P.Gadung - Tn. Abang.pp - AC84 : P.Gadung - Depok.pp (Stop Operasi)
Depo C (Cibitung) : - AC05 : Blok M - Bekasi Barat.pp - AC05 : Blok M - Bekasi Timur.pp - AC05A : Blok M - Kota Harapan Indah.pp (MGI) - AC25 : Bekasi - Tj.Priok.pp - AC27 : Bekasi - Stasiun Jakarta Kota.p - AC29 : Bekasi - Kalideres.pp - AC29A : Bekasi - Grogol.pp
- AC52 : Bekasi - Tn. Abang.pp - AC52A : Jati Asih - Tn.Abang.pp (pindahan dari Depo B) - AC63 : Ps. Baru - Bekasi.pp
- AC 73 : Kp.Rambutan - Ciledug.pp (Pindahan dari Depo B Cijantung)
- AC 74A : Kp.Rambutan - Poris via BSD - Islamic.pp (Pindahan dari Depo B Cijantung)
- AC 117 : Pulogadung - Poris via Ps.Rebo - Veteran - BSD - Kb.Nanas.pp (Pindahan dari Depo B Cijantung) - AC121 : Blok M - Cikarang.pp - AC121A : Blok M - Jababeka.pp (MGI) - AC122 : Senen - Cikarang.pp - AC132 : Bekasi - LB. Bulus.pp - APTB 07 : Bekasi Timur/Barat - Tn. Abang.pp - APTB 14 : Kalideres - Cikarang.pp - P9A : Bekasi - Senen.pp - P9B : Bekasi - Kp. Rambutan.pp - P9BA : Bekasi - Cililitan via UKI .pp - P9BC : Kp.Rambutan - Cikarang via. UKI.pp
Depo Cikupa : SEMENTARA DEPO INI KOSONG
Depo Cinangka : Sekarang jadi Pul Primajasa sekaligus jadi tempat Rehab / Repairing Body Bis Primajasa AKAP/AKDP maupun Busway PT Primajasa Perdana Raya Utama (PRIMAJASA)
Untuk saat ini Mayasari Bakti sudah mempunyai banyak cabang perusahaan Bis, Karoseri, dan Mall yg masih berada dalam 1 naungan PT Maya Perdana Raya Abadi Group (Mayasari Group) yaitu : - Mayasari Bakti - Himpurna (sudah mati) - Maya Raya - Cahaya Bakti Utama (CBU) - PT Primajasa Perdana Raya Utama (Bis AKAP/AKDP, Busway, Pariwisata, Taksi) - Do'a Ibu - Karunia Bakti - Maya Gapura Intan (MGI) - Maya Giri Indah (sudah mati) - Bintang Permata Sari - DCW (Divisi Charter Wisata) - CTU (City Trans Utama) - City Milles - Red White Star - Karoseri Mayasari Utama - Dealer HINO (UDAYANA) - Dealer AC DENSO (Kiki Jaya Comindo) - Mayasari Plaza (Mall di Tasik)
Dan sahamnya jg berada di Busway TransJakarta dgn operator : - PT Trans Batavia (TB) - PT Jakarta Mega Trans (JMT) - PT Jakarta Trans Metropolitan (JTM) - PT Trans Mayapada Busway (TMB) - PT Primajasa Perdana Raya Utama (PP)
- PT Mayasari Bakti (MB) Scania K320iA gandeng
- PT Mayasari Bakti (MYS) Scania K310 Maxibus & Mercedes-Benz
Note : Untuk pengkodean nomer body Mayasari Bakti skrg dimulai dgn kode B yg artinya Baru dan dilanjut dgn urutan tahun realese mobil dan nomor urut Bisnya Contoh : B1401 (B = Baru, 14 = Kode tahun Realese Bis dari Karoseri tahun 2014, 01 = Nomor urut Bis di tahun realesenya)

Komentar

  1. "...bahkan untuk bus tertentu sasis Mercedes-Benz OH terlihat lebih panjang dari Hino RK..."
    Bukan terlihat, tetapi memang lebih panjang 1 baris bangku. Dulu saya pernah hitung jumlah kursi untuk MB OH hampir 60 seat dibandingkan dengan RK +/- 55 seat. jarak kursi masih longgar
    MB P40 Bekasi - Priok.
    RK AC05 Bekasi - Blok M.
    (edisi bolos sekolah & dekat terminal)
    (berarti sekarang sudah tua)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis Chasis Bis HINO

Sejarah berdirinya Bis City Trans Utama (CTU) Pariwisata